Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia merupakan program studi yang telah berdiri sejak tahun 2007, pada awalnya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi. Namun sejalan dengan perkembangan, pada tahun 2017 Program Studi Ilmu Komunikasi berada di bawah naungan Fakultas Komunikasi dan Desain (FKD) yang memiliki 2 peminatan pembelajaran, yaitu: Jurnalisme Digital dan Penyiaran, serta Komunikasi Bisnis. Program Studi Ilmu Komunikasi sudah terakreditasi B oleh BAN-PT dengan nomor sertifikat 5662/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020.
Menjadi program studi Mandiri, Terbaik dan Pusat Unggulan dalam keahlian komunikasi yang memiliki jiwa entrepreneur dibidang jurnalisme digital dan penyiaran serta komunikasi bisnis berbasis teknologi informasi di Indonesia pada tahun 2032.
Menyelenggarakan pengajaran dengan menggunakan kurikulum terkini di bidang ilmu komunikasi yang berkualitas berbasis pada penjaminan mutu.
Meningkatkan kualitas keterampilan mahasiswa dalam penyelenggaraan kegiatan akademik dan fasilitas penunjangnya pada bidang ilmu komunikasi.
Membekali mahasiswa melalui proses pembelajaran yang dinamis agar dapat memiliki daya saing dan kemampuan dalam bidang Jurnalisme Digital dan Penyiaran serta Komunikasi Bisnis yang berbasis teknologi informasi.
Mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga profesional di bidang ilmu komunikasi yang berbasis pada perkembangan teknologi informasi digital dan semangat entrepreneur yang sesuai dengan etika.
Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang Ilmu Komunikasi, khususnya spesifikasi Jurnalisme Digital dan Penyiaran, serta Komunikasi Bisnis dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah sosial, manajemen krisis komunikasi, teknologi komunikasi, media dan jurnalisme.
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komunikasi secara umum dan konsep teoritis Jurnalisme Digital dan Penyiaran, serta Komunikasi Bisnis dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan
penyelesaian masalah prosedural sesuai kebutuhan pasar kerja yang dibutuhkan pemerintah dan dunia usaha maupun industri.
Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam pengembangan keilmuan dan riset dibidang komunikasi.
Mampu menerapkan keilmuan dibidang Jurnalisme Digital dan Penyiaran serta Komunikasi Bisnis dalam kegiatan entrepreneurship dengan menggunakan teknologi informasi sesuai dengan tren global.
Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki struktur organisasi, sebagai berikut :
Ketua Program Studi : Shinta Hartini Putri, S.I.Kom., M.Si.
Sekretaris Program Studi : Nisa Lathifah, M.I.Kom.
Koor. Skripsi Program Studi : Faisal Reza, S.Sos., M.I.Kom.
Koor. Media Relation & Hubungan Masyarakat : Yanuar Ilham, S.Ds., M.I.Kom.
Koor. Kemahasiswaan : Anggita Lestari, M.I.Kom.
Koor. Penjaminan Mutu : Nugraha Sugiarta, S.S., M.I.Kom.
Koor. Pengajaran : Ari Usman, S.Sos., M.I.Kom.
Koor. Kerjasama & MBKM : Achwan Noorlistyo Adi, M.I.Kom.
Plt. Koor. LPPM : Zulfanida Nurul Sadiyyah, M.I.Kom.
Plt. Koor. Kuliah Kerja Praktik : Dewi Christina Marbun, S.I.P., M.A.