Capaian Pembelajaran

NO ASPEK KOMPETENSI CAPAIAN PEMBELAJARAN
1 Sikap
Kompetensi Pendukung
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dengan menghasilkan produk isi pesan komunikasi, kajian bidang komunikasi, dan program komunikasi yang memberi manfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku;
  12. Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan potensi diri dalam menciptakan lapangan kerja kreatif di bidang komunikasi secara mandiri.
2 Pengetahuan
Kompetensi Pendukung
  1. Memiliki penguasaan konsep teoritis ilmu komunikasi secara umum;
  2. Memiliki penguasaan konsep teoritis komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa secara mendalam;
  3. Menguasai konsep teoritis berbagai media (saluran) komunikasi, yang meliputi media cetak, media elektronik (audio/audio- visual), dan media digital;
  4. Menguasai konsep, kaidah, dan proses pengembangan isi pesan untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi menggunakan beragam jenis saluran komunikasi;
  5. Menguasai konsep, kaidah, dan proses penyusunan rencana dan implementasi program komunikasi;
  6. Menguasai konsep, kaidah, dan proses penelitian komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitatif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner; 
  7. Menguasai konsep umum dan metode aplikasi etika dalam proses komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa;
  8. Memiliki pengetahuan sejarah perkembangan, penggunaan, dan dampak teknologi di bidang komunikasi dan media; dan
  9. Menguasai pengetahuan faktual tentang jenis dan regulasi penyiaran, pers, jurnalistik, periklanan, informasi publik, dan Informasi dan Transaksi Elektronik;
  10. Menguasai konsep teoretis manajemen komunikasi sebagai bagian dari ilmu komunikasi;
  11. Menguasai konsep, prinsip dan teknik dalam komunikasi strategis dan komunikasi pemasaran dalam konteks organisasi;
  12. Memiliki penguasaan pengetahuan tentang jenis media dan alat komunikasi pemasaran dan komunikasi strategis, menjaga hubungan dengan stakeholders, mengembangkan ide-ide kreatif dan produknya, dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi;
  13. Menguasai kaidah, prinsip, strategi dan teknik manajemen komunikasi lintas fungsi, baik di level organisasi maupun di level budaya;
  14. Memiliki pengetahuan tentang issue terkini dan issue global dalam berbagai bidang yang relevan dengan komunikasi strategis dan komunikasi pemasaran; dan prinsip dan teknik manajemen komunikasi berkenaan dengan perkembangan terbaru teknologi komunikasi dan informasi.
3 Keterampilan Umum
Kompetensi Pendukung
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4 Keterampilan Khusus
Kompetensi Pendukung
  1. Mampu memproduksi isi pesan isi pesan untuk berbagai tujuan komunikasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakatdan sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku;
  2. Mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpesonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan;
  3. Mampu menjalankan program komunikasi untuk mencapai tujuan melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program komunikasi;
  4. Mampu menjalankan kegiatan penelitian di bidang komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitaif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner; dan
  5. Mampu menyusun tulisan ilmiah di bidang komunikasi sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan/atau forum pertemuan ilmiah.
  6. Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program komunikasi strategis dan komunikasi pemasaran pada level organisasi dan level sosial;
  7. Mampu menghasilkan rancangan strategi komunikasi untuk berbagai kepentingan organisasi dan perubahan sosial;
  8. Mampu mengelola berbagai bentuk media dalam setiap aktivitas komunikasi strategis dan komunikasi pemasaran untuk berbagai kepentingan organisasi dan perubahan sosial;
  9. Mampu menghasilkan rekomendasi kepada pengelola organisasi berdasarkan pada hasil audit komunikasi;
  10. Mampu menguasai berbagai bentuk teknologi komunikasi dan informasi untuk kepentingan organisasi dan sosial; dan
  11. Mampu menganalisis fenomena komunikasi strategis dan komunikasi pemasaran dalam organisasi dan masyarakat berbasis penelitian.

 

LEARNING ACHIEVEMENTS

NO ASPECTS COMPETENCES LEARNING ACHIEVEMENTS
1 Attitude
2 Knowledge
3 General Skills
4 Special Skills