Kunjungan Media Visit Stasiun Televisi TVRI Bandung 2020

23 Januari 2020

Kamis, 23 Januari 2020 - Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UNIBI melakukan kunjungan media visit ke stasiun televisi TVRI Bandung yang berlokasi di Jl. Cibaduyut Raya No.269, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung. Acara kunjungan media ini menjadi agenda rutin setiap tahun sebagai salah satu kegiatan penunjang mata kuliah penyiaran.

Kegiatan kunjungan media ini dihadiri sekitar 90 orang yang terdiri dari seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018. Sesi pertama yakni pemberian materi seputar Maintenance yang bertempat di ruang maintenance gedung TVRI Bandung. Dalam sesi ini, pak Rohmat selaku staff Maintenance menjelaskan tentang 5 komponen utama dalam teknis produksi yakni Kameraman, Audio, Lighting, VTR, listrik/AC dan juga IT. Sedangkan jika melihat dari sisi tim produksi maka di TVRI sendiri memiliki 3 bidang utama yakni program, berita dan teknik yang mana di bagian teknik dibagi lagi menjadi 2 bagian yakni di studio dan transmisi. Di ruangan maintenance ini seluruh mahasiswa diperkenalkan dengan alat-alat khusus editing video, soliton, toast master dan CCU (Camera Control Unit).

“Secara Nasional TVRI lokal memiliki jatah waktu 4 jam dalam sehari di Pagi 2 jam dan lanjut sore hari 2 jam. Terkecuali ada kebijakan dari pusat untuk wajib relay maka dari itu seluruh studio harus menyiarkan tayangan sesuai dengan permintaan pusat, seperti tayangan olah raga nasional.” Ujar pak Rohmat selaku staff Maintenance.

Pada sesi selanjutnya disambung dengan pengenalan studio produksi berita dengan alat-alat penunjang proses syuting berita seperti kamera, telepromter serta set khusus program acara berita yang bertempat di studio 1.  Dalam sesi ini staff TVRI membuka kesempatan untuk mahasiswa untuk melihat ruang studio dan bertanya sekaligus sebagai ajang sharing pengalaman team produksi TVRI kepada seluruh mahasiwa yang hadir. Pada sesi ini antusiasme dari mahasiswa sangat tinggi melihat banyak pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan pertelevisian di Indonesia.

Diujung acara ibu Shinta Hartini Putri, S.I.Kom., M.Si beserta ibu Evelynd, S.I.Kom., M.A. selaku dosen pengampu mata kuliah Penyiaran memberikan kenang-kenangan berupa plakat kepada pihak TVRI Bandung sebagai bentuk terimakasih atas pemberian materinya kepada seluruh Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018.

Dengan terselenggaranya acara kunjungan media ini diharapkan kedepannya Mahasiswa prodi Ilmu komunikasi di UNIBI akan terus melanjutkan agenda media visit ini sebagai acara tahunan yang wajib dilaksanakan, karena didalam kegiatannya terdapat berbagai ilmu yang bisa didapatkan mahasiswa diluar dari pembelajaran formal di kampus.