ARSPEAK (public Speaking Workshop And Radio Announcing Competition) 2020

18 Januari 2020

Gambar Pertama

Sabtu, 18 Januari 2020 – UKM Arkei UNIBI mengadakan kegiatan ARSPEAK Public Sepaking Workshop and Radio Announcing Competition dengan mengangkat tema  “Explore Your Skill With A Good Communication” di kampus Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, Jalan Soekarno-Hatta No. 643 Bandung.

Kegiatan ini berupa Workshop dan Lomba Penulisan Script serta Siaran Radio yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi internal maupun eksternal dan siswa-siswi SMK/SMA yang berada di wilayah  Bandung. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini pun terdiri : 28 panitia, 80 peserta, 4 peserta Sponsorship, 1 peserta Media Partner, 2 peserta Dosen Prodi ILKOM, dan 1 perwakilan bidang Kemahasiswaan UNIBI, dosen-dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI yang berkompeten di bidang penyiaran, yaitu ibu Rachmawati W, M.I.Kom, ibu Shinta Hartini P, S.I.Kom. Selain dosen sebagai akademisi, kegiatan ini pun mengadirkan bintang tamu, Arie Ardianto (Dj Arie) sebagai pemateri serta juri dalam Lomba Siaran Radio. Kegiatan ini berlangsung selama 8jam yang dipandu oleh MC M Rifqy Suhendar.

Kegiatan ini memberikan pembekalan kepada peserta untuk menumbuhkan rasa percaya diri, mengembangkan persentasi di depan umum menjadi lebih baik, menciptakan keberanian saat berbicara di depan umum sehingga pesan yang ingin di sampaikan dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens. Selain melatih berbicara di depan umum, melalui kegiatan ini kami menyelenggarakan Radio Announcing Competition guna melatih rasa percaya diri, melatih skill public speaking, mengembangkan bakat, sebagai wadah untuk para announcer berbakat nantinya. Dan kegiatan inipun berguna untuk mahasiswa UNIBI maupun umum sebagai gambaran jika seseorang bekerja sebagai announcer di suatu radio.

Puncak kegiatan yang ditunggu adalah pada saat pengumuman pemenang lomba announcing yang telah diseleksi oleh tim juri yaitu Juara 1: Jasmine (UNISBA), Juara 2: Salwah (UNPAD), Juara 3:  Zia (Sangga Buana). Lomba siaran radio dilakukan menggunakan salah satu fasilitas laboratorium audiovisual Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI. Hasil akhir dinilai oleh para dosen Prodi Ilmu Komunikasi dan Arie Ardianto (Dj Arie), dengan aspek penilaian berupa konten script (bridging, pointer, punchline), kualitas suara, teknik announcimg, wawasan, kreativitas dalam penyajiannya.

Kegiatan ini selain untuk memfasilitasi bakat dari mahasiswa dan siswa/siswi yang tertarik pada bidang komunikasi, kegiatan ini juga dapat menjadi ‘branding’ UNIBI kepada pihak eksternal. Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah peserta yang hadir hampir 50% berasal dari luar UNIBI.